SELAMAT DATANG DI PENGGEMAR BURUNG DAN AYAM PACITAN

Selasa, 04 Februari 2014

MURAI BATU JAMBI

Murai Batu Jambi sering diselingkuhi secara persepsi sebagai MB semi gembung. Ini tidak lepas dari ulah sebagian bakul MB Borneo bahan yang memberi label MB Jambi untuk dagangannya yang  aslinya  gembung. Dibumbui cerita bahwa MB Jambi semi gembung, padahal MB Jambi sendiri bisa dibilang sangat mewakili ciri dasar MB Sumatra baik dari postur, pola ekor maupun karakternya yang beragam dari Nagen sampai yang atraktif.  Ini tidak lepas dari letak geografis provinsi Jambi yang berada tepat di tengah pulau Sumatera.


                                                 MB Jambi asal Batang Asai Koleksi om Eka - Bulian


Susunan topografi Jambi sendiri sangat lengkap meliputi hutan pesisir yang didominasi oleh rawa-rawa, hutan dataran rendah dengan kerapatan sedang dan hutan dataran tinggi sepanjang bukit barisan. Habitat-habitat yang masing-masingnya spesifik ini berpengaruh pada beragamnya postur, gaya dan karakter MB Jambi. Jadi bisa dibilang MB Jambi mewakili MB Sumatra pada umumnya

MB Jambi rawa dengan ciri bentuk badan kecil  dan warna bulu perutnya memudar terang, ekor pendek-medium, karakternya agresif dan atraktif . Penyebarannya  salah satunya di wilayah Tungkal.
MB Jambi dataran rendah dengan ciri bentuk badan kecil - sedang  dan warna bulu bawahnya  lebih gelap, ekor pendek-medium  dengan karakter  lebih kalem. Penyebarannya di Muara Bulian, Petaling, Muara Bungo, Muara Tebo, Bangko, Pauh
MB Jambi dataran tinggi dengan bentuk badan besar dan warna bulu bawah lebih gelap dengan ekor cendrung panjang dan kadang melengkung. Penyebarannya meliputi Bukit 30 Kerinci  dan Batang Asai.

MB Jambi mulai mendapat tempat di dunia lomba kicau dengan kehadiran beberapa nama yang menjadi kampiun di kancah lomba nasional. Yang paling fenomenal adalah Happy Birthday yang dibesut oleh om Akia. Padepokan Bala6 sendiri masih menunggu waktu yang tepat untuk menangkarkan MB Jambi. Semata karena keterbatasan kandang tangkaran. Begitu unit tangkaran siap langsung kami akan berburu indukan MB Jambi yang mantap. Seorang kicau mania yang sedang menangkarkan MB Jambi asli adalah om Eka di Bulian Jambi yang saat ini menangkarkan MB jantan asal Bukit 30 Kerinci dengan MB betina asal Batang Asai. Semoga langkah beliau bisa diikuti oleh peternak lokal di habitat Mb Sumatra lainnya.


Sepasang MB Jambi pegunungan koleksi om Eka dari HnX Bulian BF Jambi

JADI JANGAN MAU DI BOHONGI KALAU ADA YANG BILANG MB JAMBI SEMI GEMBUNG
(link sahabat sumber : http://balakdigdaya.blogspot.com)

1 komentar:

  1. maaf mau tanya,bagaimana membedakan mb asal sumatra dan kalimantan di pasar burung apa bila mb tersebut tangkapan hutan?

    BalasHapus

Silakan baca juga artikel berikut :

Jangan lewatkan :

Lanjutkan membaca :